Gunpla Info #2: Grades Part 2 & HG Skirt.

Sesuai yang dijanjikan Fong hari ini, fong akan melanjutkan pembicaraan tentang Grade, dan juga masalah Skirt yang bergerak bersamaan untuk beberapa kit HG.

Perfect Grade

Perfect Grade atau PG adalah Kit dengan ukuran 1/60. Kit ini memiliki Inneer/Tulang yang memudahkan pemasangan, meskipun tetap memakan waktu yang lama untuk bocah seperti Fong merakitnya. Jumlah runnernya beragam, Runner Strike Freedom berjumlah 50!! sungguh jumlah yang besar dan memakan waktu. Perfect Grade Favorit Fong adalah Exia. Sangat menawan dan cocok dipajang di Bufet dll. HArganya sekitar 1-4 Juta.


Real Grade

Real Grade atau RG adalah terobosan Gunpla terbaru. Ukurannya kecil seperti HG, 1/144. Namun dengan Artikulasi lebih baik dari MG, dan Inner Frame/tulang seperti PG, Kit ini bisa dibilang The Mini Version of Perfect Grade. Detailnya juga sangat baik. Cocok untuk kolektor yang tidak punya banyak uang untuk membeli PG. HArganya sekitar 300rb-1jt. Favorit Fong adalah Freedom Gundam. Fong belum pernah merakit RG, tapi sudah sering liat orang yang Fong kenal ngerakit RG. Coba cek PO Zeta Karaba jika tertarik. 




Itulah Grades para Gunpla. Baik, sekarang kita akan mulai belajar mengatasi masalah HG, yaitu Skirt yang bergerak bersamaan.



^Hasil modifikasi skirt pada Gundam Age-1 Normal
Mungkin para pecinta HG tidak puas karena tidak seperti MG, yang Front SKirtnya biasa bergerak sendiri-sendiri, sedang HG banyak yang bersamaan, sehingga sulit untuk diposekan/posenya aneh. Berikut ini tipsnya:
Alat:
Cutter/Hobby Knive
Benang/Senar
Gunpla
.
.
.
.
Step by Step:
1. Pisahkan bagian skirt dari Gunpla
2. Potong bagian tengah dengan Cutter
3. Gulungkan sedikit benang pada pangkal dekat dimana skirt diletakkan dan pasang kembali pada Gunpla(jika mudah lepas saat dipasangkan)
4. Tada skirt sudah bisa bergerak sendiri-sendiri!

Itulah pelajaran Gunpla hari ini moga bermanfaat!